Pembekalan UN 2008

ustadz Sigit RahardjaPenyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2007/2008 jenjang SMA/SMALB/SMK/MA akan dilaksanakan pada 22-24 April 2008, sedangkan UN susulan pada 28-30 April 2008 sedangkan UN SMP/MTs/SMPLB akan diselenggarakan pada 5-8 Mei 2008 dan UN susulan pada 12-15 Mei 2008. Ustadz Sigit Rahardja, S.Si., kepala MA/TKs memberikan bekal menjelang UN 2008 MA Assalaam.

Menjelang pelaksanaan yang tinggal 2 hari lagi, pihak Madrasah Aliyah memberikan bekal bagi para santri kelas XII MA Assalaam pada Sabtu (19/4) malam di lantai 2 kantor Assalaam. Pembekalan diikuti seluruh santri kelas XII MA baik jurusan IPA maupun IPS, baik putra maupun putri. Disamping kepala Madrasah, hadir juga wakil kepala kurikulum MA Assalaam ustadz Basyir Mujahid, M.Ag., wali kelas XII IPA-1 MA Assalaam ustadz Abdul Ghofar Nawawi, S.Pd., juga kesiswaan putri Ustadzah Puji Hastuti, S.Pd.

Santriwan kelas XII MA Pa

Oktarizal Rais, mantan Ketua Umum OP3MIA putra 2006/2007 (baju hitam)

Di ruangan yang berAC, para santri begitu serius menyimak bekal yang diberikan oleh Ustadz Sigit Rahardja, S.Si. Nampak juga salah peserta UN 2008 dari MA Assalaam kali adalah mantan ketua umum OP3MIA (Organisasi Pelajar PPMI Assalaam) peiode 2006/2007) Oktarizal Rais. Dalam pembekalannya ustadz Sigit menekankan bahwa dalam menghadapi UN 2008 kali ini kita tidak harus takut, walau tetap waspada. Ujian Nasional bagi pelajar tidak ubahnya ujian hidup bagi manusia. Allah sebagai pencipta kita sudah menggariskan, bahwa kita tidak akan dibebani sesuatu yang melebihi kemampuan kita. Jadi semuanya kita pasrahkan kepada Allah setelah kita maksimal berusaha. Dengan Ujian kita akan mulia, atau dengan ujian kita akan hina…

Dalam UN 2008 ini MA Assalaam juga akan diikuti peserta dari alumni MA yang pada UN tahun 2007 belum lulus. Hanya mereka tidak hadir mengikuti pembekalan, dan akan hadir pada saat UN 22-24 April mendatang.

Acara malam ini disamping pembekalan, juga dibagikan kartu UN 2008 kepada seluruh peserta. Persiapan menghadapi UN 2008 juga harus serius, maka ustadz Sigit juga menjabarkan ulang POS (Prosedur Operasional Standar ) UN 2008 yang secara prinsip sama dengan POS UN 2007. Walau sepele, namun hal-hal yang justru kurang dianggap seius kadang bisa menyebabkan masalah yang tidak kita perkirakan sebelumnya.

Mestinya memang kita harus yakin bahwa segala sesuatu itu hanya atas kehendak Allah SWT, sementara kita manusia hanya mampu berusaha. Sebagai sampel nyata, di acara pembekalanmalam ini ada hal yang kta tidak mengira. Lihatlah gambar di bawah, seorang peserta UN 2008 dari MA Assalaam putri, adalah Adinda A’isha dari Jakarta, ia adalah mantan ketua II OP3MIA (Organisasi pelajar PPMI Assalaam) putri 2006/2007. Uniknya, dia tidak sekedar jadi peserta UN 2008 tetapi juga ikut pembekalan kali ini dan sama-sama berbaju hitam.

Adinda Aisha, baju hitam - ketua II OP3MIA 2006/2007
Adinda A’isha, mantan Ketua II OP3MIA putri 2006/2007 (baju hitam)

Tidak hanya itu, bahkan sempat ada peserta yang karena terlalu banyak belajar kali, sehingga saat diberi penjelasan justru malah menikmati sejuknya AC dengan tidur beralaskan meja. Tetapi kita yakin, bahwa santri tersebut tidak tidur sengaja namun tertidur, dan semoga kelak tidak tidur ataupun tertidur saat mengerjakan soal-soal UN 2008.

Ada yangserius dan ada pula yang tertidur... Tidur adalah nikmat Allah SWT yang wajib kita syukuri, betapa tidak; pada keadaan terdesak justru ngantuk akan menjadi kemujuran bagi seseorang. Lihatlah menghayati Fisika ini, di sana justru anak2 yang ketika belajar mengantuk bahkan tertidur, mereka tetap bisa berprestasi. Kalau tidur saja bisa berprestasi, mestinya yang terjaga dan tidak mengantuk, tidak tidur harus bisa lebih berprestasi.

Alaa kulli haal….Selamat menempuh UN 2008, selamat berjuang, selamat berlomba, fastabiqul khoiroot….

Sebagai, bagian dari PPMI Assalaam, kita hanya bisa berdo’a agar para peserta UN 2008 baik dari MA, SMA, maupun SMK, kelak seluruhnya bisa mengikuti UN dengan lancar dan akhirnya LULUS, lebih2 dengan nilai yang memuaskan… amien 19x.

Satu Tanggapan

  1. […] kalau kakak tertua sedang menghadapi ’perang badar’. Setelah dua hari dan sehari sebelumnya Kepala MA dan SMA memberikan sedikit bekal kepada seluruh calon peserta putra dan putri, malam harinya ada yang mudah […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: