Workshop AeroModelling

Jum’at (9/5) bertempat di lantai 2 kantor PPMI Assalaam CASA (Club Astronomi Santri Assalaam) menggelar satu event cukup keren bertajuk Teknologi, yakni workshop Aero-Modelling. Acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Astronomi Dunia (Astronomy Day 2008) yang jatuh pada Sabtu, 10 Mei 2008. Acara diikuti 165 santriwan dan santriwati dan berlangsung sangat menarik darijam 08.30-11.00 yang dilanjutkan jam 13.30-15.00 WIB.
Peserta Aero Modelling CASA di Assalaam - pakarfisika
Para peserta serius menyimak presentasi Narasumber

Bertindak selaku nara sumber adalah Muhammad Toha, salah satu anggota FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) dari Jogjakarta. Acara dimulai sekitar jam 08.30 WIB diawali dengan penjelasan seputar dunia dirgantara khususnya aero modelling secara visual dilengkapi pemaparan dalam bentuk multimedia.

Dalam penjelasannya, Pak Toha dari SeribuBintang dot Com juga berulang kali menunjukkan video-video pesawat ruber-powered dan glidder yang diselingi dengan model hellikopter yang bisa diterbang dengan panduan remote control. Suasan sangat menarik, karena contoh2 pesawat yang disampaikan sudah ada contohnya yang sudah jadi.

Para santri juga diajari bagaimana cara mengendalikan, dan menerbangkan pesawat model. Yakni dengan cara lewat Simulator di komputer. Simulator yang sangat mirip dengan kondisi sebenarnya ini ternyata tidak mudah. Hampir seluruh peserta, selalu gagal diawal mengoperasikan Simulator menerbangkan pesawat model ini. Setelah berualng kali mencoba, barulah pesawat bisa terbang agak lama, walau akhirnya selalu mendarat darurat dan menabrak bumi..!!! Untung simulator.

Fungsi Simulator ini adalah untuk memudahkan kita dan melatih kita sebelum menerbangkan peswat aero-modelling yang sebenarnya di lapangan tebuka. Sebab sekali pesawat jatuh, maka biayanya sangat mahal, minimal 2 juta, kata Pak Toha. Wah ini memang hobi yang mahal ya, kata santri peserta workshop.

Peserta dalam membuat pesawat model, dengan bahan gabus, lem, karet dan kayu; dibagi dalam keompok2 yang terdiri dari 7-10 santri. Mayoritas peserta adalah santri dari MTs PPMI Assalaam, Takhashush dan MA serta SMK. Pemandu terdiri dari santri senior dan para pengurus CASA yang seluruhnya santri kelas V.

Sekitar jam 10.30 WIB, seluru peserta menuju area terbuka yakni di depan Kapatri dan di samping masjid untuk melihat demo menerbangkan helikopter mini (heli aero-modelling). Sambutan luar biasa meriah datang pula dari para santri yang kebetulan tidak mengikuti workshop.

Selain pesawat, ternyata ada satu mainan ilmiah juga yakni roket dengan bahan dasar botol aqua dan air. Roket air ini setelah terbang eh, ternyata bisa sampai 100 meter bahkan lebih tergantung dari angin yang dipompakan dan airnya.

Selamat berkarya adik2…..

Satu Tanggapan

  1. dimana ya workshop untuk helycopter mini. saya tertarik juga tapi yang hely

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: