Home

Rekonsiliasi Fatwa Dan Politik Keagamaan di Indonesia (Kajian Fatwa-Fatwa tentang Paham Keagamaan Majelis Ulama Indonesia)

Studi ini menfokuskan pada kajian tentang konfigurasi, pengaruh dan rekonsiliasi antara fatwa-fatwa paham keagamaan MUI dengan politik keagamaan di Indonesia. Ada dua arus pemikiran yang saling bertentangan, yaitu Islam Liberal dan Islam Garis Keras pada era reformasi tahun 1998. Keadaan ini mendorong MUI untuk mengeluarkan fatwa-fatwa tentang hubungan agama, politik dan kebangsaan untuk memberikan pemahaman… Read More »

Kajian Kritis Tentang Pembinaan Santri Yang Berorientasi Pada Prestasi Yang Unggul Dan Kompetitif

Penulisan ini bertujuan (1) mencari model pembelajaran yang berorientasi pada SDI santri yang unggul dan kompetetif serta (2) mencari langkah–langkah strategis guna meningkatkan prestasi santri baik dibidang akademik maupun ekstra kurikuler. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa untuk menjadikan pesantren sebagai lembaga pendidikan yang terus mencetak SDI yang unggul dan tetap eksis di era global… Read More »

Kurikulum Berbasis Talenta (Passion) Di PPMI Assalaam

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum dan pengembangannya, model pembelajaran, dan evaluasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan: model pendidikan PPMI Assalaam berupa klasikal, dengan model kurikulum separated subject curriculum. Pengembangan kurikulumnya model tyler, model pembelajarannya model petunjuk/ resep. Masih belum optimal dalam mengasah… Read More »

Studi Deskriptif Tentang Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pendidikan di PPMI Assalaam

Indonesia yang masyarakatnya terdiri dari beraneka ragam latar belakang memerlukan nilai-nilai multikultural tertentu agar bisa saling hidup berdampingan dengan damai dan saling menghormati. Nilai-nilai tersebut dikelompokkan menjadi 3 (tiga) nilai multikultural inti, yaitu; a) Demokrasi, Kesetaraan dan Keadilan, b) Kemanusiaan, Kebersamaan, dan Kedamaian, dan c) Sikap Mengakui, Menerima, dan Menghargai Keragaman. Untuk menanamkan nilai-nilai tersebut… Read More »

Menuju Pendidikan Yang Berwawasan Masyarakat Madani

Kritik keras tentang praktik pendidikan yang dianggap mengarah kepada ‘dehumanisasi’ manusia,  sebagaimana dilontarkan oleh Freire, Paulo; Illich, Ivan; dan Fromm, Erich (1997), perlu direspon secara kritis. Menurut mereka praktik pendidikan yang ada cenderung mengatur kehidupan orang,  terjadi penindasan antara guru (sebagai penguasa) dan peserta didik (sebagai yang dikuasai), terjadi  penjinakan (dalam bahasa Freire), dan karenanya… Read More »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: